A-line Aviation Training Centre

AATC (A-line Aviation Training Centre) merupakan Lembaga pendidikan singkat pramugari/a airlines, pramugari/a kereta api, staf bandara dan staf perhotelan ternama di Jogja yang digagas pada tahun 2018. AATC sebagai Lembaga pelatihan kerja swasta yang akan memberikan kelengkapan fasilitas-fasilitas yang memenuhi standart pembelajaran baik dari segi pelayanan, pengajaran maupun fasilitas lembaga, sehingga mampu menjadi lembaga pendidikan yang unggul di Yogyakarta.
Latest Posts
FOLLOW US:
Top
 
staff bandara aatc
17 Okt

MENGENAL PESAWAT TERBANG SECARA UMUM

Pesawat terbang diciptakan oleh Orville dan Wilbur Wright. Dua bersaudara ini memiliki kesamaan ingin menciptakan suatu transportasi yang belum ada di dunia kala itu. Terinspirasi dari burung yang dapat terbang tinggi di udara bebas sehingga tercetuslah pemikiran untuk membuat pesawat terbang. Mereka mulai memikirkan tentang bagaimana cara burung dapat mengudara. Faktor utama yang menjadikan burung dapat terbang ialah sayap. Oleh karena itu mereka mencoba untuk pertamakalinya membuat sayap kemudian diterbangakan secara manual seperti layaknya burung namun gagal, seiring berjalannya waktu belajar dari kegagalan-kegagalan akhirnya mulai terbentuklah pesawat terbang dengan menggunakan bantuan dari mesin sebagai tenaganya. Berkat kegigihan mereka pesawat terbang mulai berkembang pesat dengan berbagai jenis fungsinya mulai dari pesawat komersil dan non komersil.

Komponen utama yang harus dimiliki pesawat ialah sayap. Sayap merupakan hal utama yang menjadikan pesawat dapat terbang melalui gaya angkat yang dihasilkannya. Gaya angkat dihasilkan dari bentuk sayap seperti tetesan air yang sering disebut sebagai airfoil. Tanpa adanya gaya angkat, pesawat tidak dapat terbang dengan sempurna dan berakibat fatal apabila kehilangan gaya angkat atau stall. Apabila pesawat mengalami kehilangan gaya angkat maka yang akan terjadi pesawat tersebut akan jatuh dengan cepat. Mesin pesawat juga merupakan salah satu komponen utama setelah sayap karena yang membantu mendorong pesawat dapat melaju ke depan. Dengan adanya mesin pesawat ini dapat menghasilkan gaya dorong.

Selain komponen utama pesawat yang berperan penting dalam penerbangan adalah awak kabin. Awak kabin bertugas sebagai pelaku pengendali pesawat terbang yang terdiri dari Pilot, Co-pilot, Teknisi, dan Pramugari/a. Akan tetapi tidak semua pesawat memiliki pramugari/a, hal ini terdapat pada pesawat non-komersial atau pesawat tidak berpenumpang umum sebagai contoh pesawat tempur militer namun tetap memiliki awak pesawat inti berupa Pilot, Co-Pilot, dan Teknisi. Tentunya setiap awak memiliki peran tugas beresta tanggung jawab yang berbeda-beda.

Tujuan dari terciptanya pesawat terbang adalah sebagai alat transportasi yang mudah, cepat, dan aman. Pesawat merupakan transportasi paling aman di dunia, hal ini dibuktikan melalui survey dari angka kecelakaan yang terdapat pada semua jenis transportasi baik darat, laut, dan udara. Pesawat udara menjadi pilihan pertama yang diunggulkan dalam melakukan perjalanan jarak jauh untuk menuju tujuan dengan cepat dan aman. Tidak jarang pesawat udara menjadi satu-satunya alat transportasi yang paling diminati.

Ingin Jadi Pramugari atau staf bandara?? Langsung daftarkan Diri Anda dengan cara KLIK DI SINI

Sorry, the comment form is closed at this time.