BAGAIMANA ENAKNYA JADI PRAMUGARI?

Pramugara (untuk pria) dan pramugari (untuk wanita) adalah staf/karyawan perusahaan pengangkutan umum yang bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Tidak hanya memberikan pelayanan kepada penumpang, ada keuntungan yang sangat besar lho bagi seorang pramugari dan pramugara. Apa saja sih keuntungan jadi pramugari dan pramugara??

  1. GAJI BESAR

Profesi seorang pramugari dari dulu adalah dambaan hampir setiap orang. Banyak keuntungan menjadi seorang pramugari yang ditawarkan perusahaan maskapai di indonesia. Salah satunya adalah gaji yang cukup menggiurkan.

Gaji seorang pramugari salah satu maskapai yang ada di indonesia mencapai sekitar Rp15 juta per bulan. Besaran gaji tersebut diperoleh dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang lembur, uang saku dan tunjangan lain.

 

  1. BISA JALAN-JALAN GRATIS, TANPA HARUS KELUAR BIAYA TRANSPORT DAN AKOMODASI.

Tugas seorang pramugari adalah melayani penumpang yang terbang ke tempat tujuan baik domestik maupun ke luar negeri. Setiap terbang ke daerah ataupun negara tujuan, ia secara langsung bisa menikmati jalan-jalan di negara tersebut.

Setiap tujuan ke luar negeri, para awak kabin akan tinggal minimal satu hari untuk istirahat di negara tujuan. Biasanya mereka memanfaatkan untuk menikmati liburan meskipun dalam waktu singkat. Mereka pun banyak memanfaatkan waktu tersebut untuk foto-foto atau belanja.

Memang, selama ini tidak semua pramugari ditugaskan terbang ke luar negeri. Karena jam terbang diatur oleh atasan mereka. Sebagian besar, pramugari yang terbang ke luar negeri adalah mereka yang bertugas sudah cukup lama atau senior.

 

  1. MAKAN ENAK

Sudah tidak diragukan lagi kalau makanan yang disediakan untuk penumpang di pesawat pasti enak dan bergizi. Hampir setiap penerbangan dengan menggunakan pesawat tertentu seperti bisnis akan mendapat jatah makanan berkualitas dari maskapai.

Makanan lezat dan bergizi tersebut tentu bukan hanya dinikmati oleh penumpang. Para awak kabin pun mendapat jatah sama untuk menikmati makanan yang disediakan masakapai. Tapi ini berlaku untuk pesawat  kelas tertentu. Karena ada juga penerbangan yang tidak memebrikan fasilitas makan kepada penumpang. Namun paling tidak, para awak kabin memperoleh jatah makanan yang berkualitas untuk untuk menjaga performa fisik dan kesehatannya.

 

  1. ANTAR JEMPUT

Setiap pramugari akan mendapat fasilitas antar jemput setiap kali mereka ditugaskan untuk terbang. Maskapai telah bekerja sama dengan perusahaan transportasi tertentu yang mewajibkan antar jemput ke semua pramugari.

Hal tersebut dilakukan agar pramugari datang tepat waktu untuk menghindari delay penerbangan. Maskapai telah membuat kebijakan tersebut untuk menekan potensi keterlambatan terbang diakibatkan awak kabin yang telat datang karena urusan kemacetan selama di perjalanan menuju bandara.

Jadi, selain bisa menghemat uang transportasi, para awak kabin ini tak perlu memikirkan transportasi lagi ketika mau berangkat atau pulang ke bandara. Karena biasanya kendaraan jemputan datang ke tempat pramugari tinggal 2-3 jam sebelum pesawat terbang.

 

  1. TIDUR DI HOTEL

Setiap penerbangan tujuan domestik dan internasional yang mengharuskan para awak kabin bersitirahat, maka setiap pramugari akan mendapatkan jatah tinggal di hotel yang telah bekerja sama dengan maskapai.

So, para pramugari tak perlu capek-capek mencari tempat penginapan sendiri ketika terbang ke tempat tujuan karena pihak maskapai telah menyediakan fasilitas hotel.

Fasilitas ini biasanya diberikan kepada pramugari saat mereka terbang ke tempat tujuan yang mengharuskan mereka istirahat atau tidak pulang pergi.

 

Keuntungan menjadi pramugari lainnya yaitu:

  1. Bisa mengenal banyak orang.
  2. Mendapatkan pengalaman yang ga semua orang dapetin, missal harus bisa mengoperasikan emergency equipment.
  3. Dapat pengetahuan untuk mengatasi penumpang yang tiba-tiba  sakit di pesawat, misalnya sakit jantung, ashma, dll.
  4. Diberi pengetahuan cara memadamkan api
  5. Dibekali bagaimana cara mengevakuasi penumpang dan apa saja yang harus kita lakukan pada saat pesawat mengalami keadaan emergency yang dimana ratusan orang bergantung nyawa sama kita
  6. Dibekali cara mengatasi hiject atau teroris dan cara menjinakkan bom.
  7. Pramugari bisa jadi 3 hal profesi di dalam satu seragam, yaitu Dokter, Polisi dan juga Pemadam kebakaran.
  1. Mendapatkan pengalaman seru, yaitu dilatih masuk ke hutan, berenang di laut, gunanya untuk membantu penumpang dalam kondisi terburuk
Ingin Jadi Pramugari atau staf bandara?? Langsung daftarkan Diri Anda dengan cara KLIK DI SINI