TAHAPAN-TAHAPAN TES CALON PRAMUGARI

Pramugari saat ini sangat diminati oleh masyarakat khususnya lulusan dari SMA/SMK di indonesia. Mereka sangat medambakan menjadi seorang pramugari karena kehidupan pramugari yang elegan dan bisa traveling kemana saja. Selain itu juga pramugari mendapakan gaji yang sangat fantastis untuk lulusan SMA dan SMK. Selain lulusan SMA dan SMK juga ada lulusan Diploma dan Sarjana yang berminat di dunia penerbangan. Di segmen ini kami akan membahas tentang tahapan – tahapan tes calon pramugari.

Pramugari adalah orang yang bertanggungjawab penuh di cabin pesawat selama dalam penerbangan dari mulai pre flight sampai dengan post flight. Menjadi seorang pramugari tidak semudah yang kita bayangkan, ada beberapa tahapan saat menjalani tes seleksi pramugari. Adapun tahapan- tahapannya adalah sbb :

Mari kita kupas satu persatu tentang tes tersebut agar nanti saat  akan melakukan sudah ada kesiapan untuk tahapan- tahapan tes tersebut.

  1. Tinggi dan berat badan

Tes ini adalah tahap pertama dalam perekrutan pramugari. Dimana calon pramugari dituntut untuk memiliki tinggi dan berat proporsional sesuai dengan standart maskapai. Nah bagaimana jika calon pramugari memiliki tinggi dan berat yang kurang? Ada beberapa trik yang bisa untuk menambah tinggi dan berat salah satunya adalah dengan minum kalsium bisa dari susu ataupun keju dll dengan diimbangi olahraga tentunya. Olahraga bisa dengan berenang dan bisa dengan olahraga lainnya.

  1. Tes tertulis bahasa inggris

Bahasa inggris selalu menjadi kekhawatiran calon pramugari pada saat tes di maskapai. Trik untuk bisa mahir dalam bahasa inggris adalah teruslah berlatih menggunakan bahasa inggris untuk bahasa sehari- hari dengan teman ataupun keluarga. Bagaimana caranya agar terbiasa maka sering- seringlah melihat film dengan bahasa inggris tanpa melihat arti dan juga lagu- lagu bahasa inggris. Selain itu jga pahami grammer untuk bisa lebih percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Teman- teman juga bisa ambil kelas kursus bahasa inggris.

  1. Wawancara

Wawancara  merupakan titik awal dari lolos atau tidaknya calon pramugari. Nah, bagaimana cara kita bisa lolos tahap wawancara adalah yang pertama dan utama adalah kita paham tentang perusahaan yang kita akan masuki. Yang kedua adalah kita wajib memahami materi yang sudah dipelajari sehingga pada saat ditanya pewawancara bisa menjawab dengan baik dan benar. Pastikan menjawab dengan pasti jawabannya tidak dengan kata  eee ataupun kata mungkin.  hindari kata mungkin agar tidak terkesan tidak yakin dengan jawabanya.ingat dalam menjawab harus percaya diri baik jawaban itu benar ataupun salah.

  1. Psiko test

Psikotest akan dilaksanakan pada saat menjelang pantuhir karena untuk mengenali karakter dari masing- masing calon pramugari. Psiko tes ini meliputi hitung deret, menggambar pohon, dan konsistensi.

  1. Pantuhir

Pantuhir akan dilihat sejauh mana calon pramugari dlam keseriusanya bekerja. Tes ini biasanya dilakukan oleh dewan direksi karena harus mengetahui kualifikasi dari calon pegawainya. Pantuhir akan menentukan prosentase kelulusan karena sudah bisa dikatakan calon pramugari sudah menuju 85 persen diterima. Selebihnya ditentukan di tes kesehatan.

  1. Medex adalah singkatan dari medical examination yang artinya adalah cek kesehatan di akhir seleksi. Adapun yang akan di cek dari mata, THT, jantung, paru- paru, cek darah, urin. Banyak yang bertanya apakah ada tes keperawanan untuk calon pramugari? Jawabannya tidak ya teman- teman. Tes di pramugari hanya untuk mengetahui siklus haid dan cek rahim ataupun payudara adalah untuk mengetahui tidak adanya kanker didalamnya.

 

Dengan adanya artikel ini, semoga teman- teman bisa segera meraih apa yang dicita- citakan yaa. Ingat jangan merasa puas dengan apa yang teah kalian capai saat ini. Teruslah merasa haus akan ilmu agar kalian tidak pernah bosan dalam menimba ilmu.

Ingin Jadi Pramugari atau staf bandara?? Langsung daftarkan Diri Anda dengan cara KLIK DI SINI