A-line Aviation Training Centre

AATC (A-line Aviation Training Centre) merupakan Lembaga pendidikan singkat pramugari/a airlines, pramugari/a kereta api, staf bandara dan staf perhotelan ternama di Jogja yang digagas pada tahun 2018. AATC sebagai Lembaga pelatihan kerja swasta yang akan memberikan kelengkapan fasilitas-fasilitas yang memenuhi standart pembelajaran baik dari segi pelayanan, pengajaran maupun fasilitas lembaga, sehingga mampu menjadi lembaga pendidikan yang unggul di Yogyakarta.
Latest Posts
FOLLOW US:
Top
 
12 Nov

BAGAIMANA KEGIATAN DAN TUGAS PRAMUGARI DI MASA PANDEMI??

Pramugari dan pramugara merupakan salah satu cabin crew yang menjadi sorotan pertama pada saat penumpang memasuki pesawat. Dengan ini pramugari/a harus memberikan kesan yang baik terhadap penumpang baik dalam sikap pelayanan, maupun penampilan. Berkerja secara prefesional secara maksimal dengan mengesampingkan ego masing-masing, kekompakan, dan rasa tanggung jawab antar crew menjadikan kerja sama yang baik sehingga penerbangan akan sukses dilakukan. Kesuksesan penerbangan merupakan suatu tujuan utama dalam keberhasilan maskapai dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap penumpang. Persaingan ketat antar perusahaan bukan hanya tentang harga melainkan pelayanan juga dapat berpengaruh terhadap peforma maskapai.

Tugas pramugari/a selama pandemi covid 19 cukuplah berat, bukan hanya pramugari bahkan seluruh crew dan antar perusahaan penerbangan bersaing untuk tetap mempertahankan pelayanan yang terbaik untuk penumpang. Dalam keseharian tentunya mengalami perubahan yang pesat baik secara ekonomi maupun aktivitas yang dilakukannya. Persyaratan serta ketentuan crew dan calon penumpang amat lah ketat. Berbagai syarat administrasi seperti pengecekan kondisi kesehatan harus bebas dari virus covid 19 dengan dilaukannya test PCR, Antigen, dan suhu tubuh. Protokol kesehatan wajib ingatkan oleh para pramugari/a pada saat di pesawat sebab jika maskapai tidak mampu menerapkan kinerja secara prokes maka maskapai akan mendapatkan sanksi dari pemerintah sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Pertama kali yang dilakukan sebagai pramugari/a harus memberikan salam, sapa, dan senyum pada setiap penumpang pada saat atau sesudah memasuki pesawat. Layaknya seperti biasanya kegiatan pramugari/a membantu menunjukan tempat duduk yang sesuai pada tiket bagi penumpang yang kesusahan serta membantu memasukan barang bawaan di cabin yang dilakukan harus berdua dengan penumpang kecuali ada emergency yang mengharuskan pramugari melakukannya sendiri. Sikap ramah, sopan, dan elegan harus dimiliki pramugari/a untuk mendapatkan kesan terbaik dari servis yang dilakukannya. Bukan hanya itu sikap tegas juga wajib dimiliki karena dalam beberapa keadaan, misalnya saat kondisi pesawat sudah terbang dan penumpang enggan untuk menaati peraturan yang ada, seperti mengenakan sabuk pengaman, tidak merokok, tidak mengaktifkan telepon seluler, dan lain sebagainya. Ataupun bersifat emergency  sehingga pramigari/a harus bertindak cepat, tepat, dan aman demi keselamatan penumpang. Dengan ditambahkanya syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap crew dan penumpang maka diperlukan kerja sama yang baik agar penerbangan dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan. Selesai penerbangan pramugari /a kembali mengecek ulang kondisi cabin jika dirasa sudah tidak ada trouble maka crew bisa kembali melanjutkan kegiatan selanjutnya. Setelah selesai penerbangan seluruh crew wajib menjaga kondisi kesehatan masing-masing dengan cara istirahat yang cukup, asupan makanan yang seimbang, dan pikiran yang tetap positif agar imunitas tubuh tidak mengalami penurunan. Hal ini menjadikan bagian utama untuk menjaga agar kinerja tetap stabil di masa pandemi covid-19.

Ingin Jadi Pramugari atau staf bandara?? Langsung daftarkan Diri Anda dengan cara KLIK DI SINI

Sorry, the comment form is closed at this time.