Kepuasan Konsumen Dalam Bidang Hospitality

Act of Service

Dalam industri hospitality, konsumen mengharapkan untuk memperoleh pelayanan /service yang maksimal dari para penyedia jasa dengan menyediakan service yang memuaskan ekspektasi mereka atau bahkan melebihi ekspektasi mereka. Oleh karena itu,  perlu sekali manajemen dari hospitality untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.Khususnya pada hotel ber bintang dan ternama di Indonesia.

Melalui peningkatan kualitas pelayanan, bisnis hospitality ini menjadikannya sebagai salah satu kiat untuk bersaing dengan para pesaingnya. Selain itu, bisnis hospitality harus menyediakan sesuatu yang lain daripada yang lain yang akan selalu tertanam dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi konsumen dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh pesaingnya atau beda dari yang lainnya namun tidak kalah kualitasnya.

Kualitas menjadi salah satu kunci sukses dari setiap bisnis. Kualitas diberikan kepada konsumen untuk memenuhi ekspektasi konsumen dengan menyediakan produk dan pelayanan pada suatu tingkat harga yang dapat diterima dan menciptakan “nilai” bagi konsumen serta menghasilkan profit bagi perusahaan. Sehingga, sama-sama take and give. Tamu dan karyawan terlibat secara personal dalam transaksi service. misalkan seorang pelayan yang melayani makan malam maka tamu dan pelayan tersebut terlibat secara langsung dimana service dihasilkan dan dikonsumsi pada waktu yang sama.

Pengalaman service ini penting sekali. Bila pelayan yang melayani tamu itu menunjukkan sikap yang tidak ramah dan wajah yang cemberut maka tamu akan merasa tidak senang dan mungkin saja ia tidak akan kembali ke restoran itu lagi sebaliknya bila pelayan itu menunjukkan sikap yang ramah dan menyenangkan maka tamu akan senang dan merasa puas. Biasanya tamu yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan akan memberikan tips yang lebih besar.

Terima kasih, Semoga artikel yang saya sampai kan kali ini dapat membantu kalian khususnya di bidang hospitality. Jangan lupa untuk selalu ter senyum ramah kepada siapapun dan dimanapun serta kapanpun kita berada. Salam Sukses untuk kita semua.

kualitas pelayanan hospitality AATC

Artikel ditulis oleh Erinda Dewi Mayangsari

Siswi AATC jurusan Staf Perhotelan